Laporan
bacaan
Nama
: Intania Zendrato
Semester
: lima
M.
kuliah : Eksposisi PL III
Buku : kitab nabi-nabi kecil
Pengarang
: Frank M.BODY
______________________________________________________________________________
Jabatan
nabi
Jabatan
nabi pada masa PL mengambil tempat yang
mencolok dalam hidup bangsa Israel. Mereka berbicara atas nama Allah. PB
meneguhkan bahwa jabatan nabi dan imam berita para hamba Allah yang terpilih
ini berasal dari Allah sendiri 2 Petrus
1:21. Nabi ialah hamba Yehova dan sering beritanya itu memberikan peringatan
tentang akibat-akibat yang hebat yang akan datang, karena ketidaktaan kepada
perintah Ilahi. Dalam pelayanan merekaa yang luas, para nabi menghadapkan fakta
yang unggul kepada rakyat Ibrani bahwa bangsa mereka adalah teokrasi diciptakan
untuk diam diantara segala bangsa dan menjadi saksi kepada bangsa-bangsa lain
tentang artinya beraja kepada Allah.
Unsur- unsur berita nabi
1.
Berita itu ditujukan kepada masa mereka
sendiri yang menyangkut keadaan agama, politik dan social.
2.
Berisi nubuat yang mencakup peringatan
akibat-akibat yang akan datang kemudian hari jikalau mereka bersikeras dalam
ketidaktaan kepada perintah Allah.
3.
Dalam berita para nabi diumumkan
prinsip-prinsip Ilahi yang tetap
sepanjang masa. Zaman telah berganti tetapi prinsip berlangsung selama-lamanya.
4.
Berita berisi unsur kemesiasan dan
memusatkan perhatian kepada pelepas yang telah dijanjikan.
Tanda-tanda seorang nabi
Dr. kyle M Yates
menentukan tanda-tanda nabi:
1.
Pribadi yang tidak suka berkompromi
2.
Sadar akan panggilan yang mengikatnya
dan itu harus ditaati
3.
Pembawarahasia-rahasia indah dari takhta
Allah kepada manusia yang membutuhkan pertolongan.
4.
Seorang yang selalu berdoa dan bersekutu
dengan Allah.
5.
Perantara Allah untuk menyatakan masa
yang akan datang kepada orang banyak.
6.
Dengan berterus terang ia mengkritik
kejahatan-kejahatan dalam susunan kemasyarakatan.
Ø Amos
Ia
bukan nabi melainkan seorang peternak. Ia setia kepada panggilan Allah. Pokok
berita ilahi ialah hukuman dan penyingkapan dosa, kejahatan dna kecurangan
masanya itu dengan menggunakan bahasa yang keras, terus terang dan tidak biasa.
Amos dengan sangat mencela zamannya yang mewah dan suka menuaskan keinginan
jasmaniahnya saja. Allah menghendaki bagian utara Israel mendapat peringatan
keras. Betela ialah tempat ibadah utama dari bangsa itu dimana Yerobeam II
beribadah. Dsini terpusat segala kekuatan nabi dan orang bangsawan yang hendak
meruntuhkan ibadah kepada Yehova. Pembagian kitabnya adalah peringatan 1-2,
ratap tangis 3-enam, wahyu 7-sembilan. Amos tidak hanya mencela bangsanya
tetapi juga bangsa lain seperti: Filistin, Tirus,Edom, Amon, dan Moab. Tetapi
ketika ia memulai berbicara kepada Israael terbitlah perlawanan. Amazia. Imam
di Betel memrotes, menasihatkan dia untuk mengingatkan negri itu.
Ø Hosea, kekasih yang sejati
Permulaan pelayanan
Hosea sebagai nabi bertepatan dengan
Amos. Hosea bernubuat selama bertahun-tahun yang penuh anarki, penumpahan darah, pemberonatakan dan
keruntuhan bangsa itu. Mereka tidka mendengarkan Hosea.
Diselatan
sementara Yotam dan Ahas memerintah, nabi Yesaya dan Mikha menyampaikan berita
Allah kepada Yehuda. Hosea bertahan di utara, Hosea menjadi alat peraga karena
ia telah disuruh oleh Allah menikah seorang perempuan tunasusila .
ketidaksetiaan perempuan ini kemudian hari kepada Hosea menjadi alamat kepada
umat Israel maka dalam hidup kekeluargaannya Hosea mulai mengerti dan
menghargai perasaan Allah atas umat kesayangan-Nya yang telah dikawini-Nya
namun tidak setia kepada-Nya. Hosea disebut juga nabi peratap bagi Israel sama
seperti Yeremia adalah nabi yang meratap bagi Yehuda. Kitab hosea ini terbagi
atas 3 pokok utama yaitu: perpisahan, penghukuman dan pendamaian.
Ø Nahum, nabi pembalasan
Bagi
Nahum bukit, badai awan dan sungai menjadi lambing murka dan angkara Allah.
a. Keputusan
pembalasan
Yehova
adalah Allah yang cemburu dan pembalas tetapi Ia juga panjang sabar, besar
kuasanya dapat menhukum bilamana dikehendaki-Nya. Nahum menggambarkan Allah
sebagai oknum yang panjang sabar dan menantikan buah-buah pertobatan sebelum
menjatuhkan hukuman. Murka Allah
tidak jatuh keatas mereka yang percaya akan Dia tetapi disediakan bagi
seteru-seterunya.
b. Wahyu
pembalasan
Alasan
bagi segala hukuman ini dinyatakan : penyembahan berhala yang najis berpaling
dari Allah yang benar dinyatakan dalam alamini kepada dewa-dewa palsu. Allah
melawan Niniwe sedang kota itu dulu berkuasa dan banyak penduduknya telah jatuh
dibawah hukuman Allah yang dahsyat serta binasa. Demikianlah Nniniwe akan
binasa.
Ø Obaja, nabi yang marah
Obaja
berarti penyembah Yehova. Tema nubuat ini adalah kehancuran total bangsa Edom.
Nabi itu menegur sifat mementingkan diri bangsa Edom dan kebanggaan mereka akan kekukuhan benteng sela
yang dipahat di bukit batu itu. Dosanya yang terbesar adalah kekerasan yang
terus-menerus terhadap Yehuda pada masa kemalangannya. Mereka telah merampok
Yerusalem tetapi seperti yang mereka lakukan itu demikian pula akan dilakukan
kepada mereka.
Ø Mikha, nabi pendekar orang miskin
Adalah
singkatan dari nama Mikhaya yang artinya
“ siapa gerangan seperti Yehova? “ ia seorang penduduk Mresyet di Yehuda Barat.
Mikha hidup semasa dengan Yesaya, tetapi Yesaya berhubungan dengan penduduk dan
kegiatan kota, sedangkan Mikha menyaksikan perkara- perkara yang terjadi
diantara orang dusun, rakyat Yehuda yang tertindas. Yesaya dan Mikha melayani
di selatan/ Yehuda dan juga samaria. Berita mikha yaitu: menyatakan bahwa
Israel dan Yehuda bersalah dipemandangan Hakim Agung semesta alam, ia
mengumumkan kehancuran, tawanan dan pembuangan yang tak dapat dielakkan, ia
menegur ketidakadilan social, ia mencela ketidaksetiaan dan ketidakjujuran yang
umum, dengan kata kiasan ia menghardik korupsi para imam dan keburukan kafir
yang telah dicontohi dari bangsa-bangsa yang menyembah berhala, ia mengumumkan
hukuman atas Samaria dan keatas Yerusalem dan bait sucinya, ia menjajikan bahwa
bangsa itu akan kembali dari pembuangan dan pembaharuan Yerusalem dan bangsa
itu.
Ø Zefanya, nabi murka
Zefanya
berasal dari dari istana raja namanya artinya “ yang dilindungi Tuhan”, ia dari
keturunan Hizkia. Kunci kitab ini adalah “ hari Tuhan”Zefanya sering memakai
perkataan ini pada nabi –nabi lain. Pertentanngan dalam alkitab senantiasa
adalah diantara hari manusia “pengadilan manusia”yang arti sebenarnya adalah
hari Tuhan. Hari manusia ialah kegagalan boleh dikatakan bahwa Allah
mengizinkan manusia berbuat sesuka hatinya samapai ia kehabisa akal. Itulah
hari kesabaran Yehova, sementara Ia menunggu sehingga manusia telah
mengerjsakan filsafatnya sendiri. Pada hari Tuhan,Allah bertindak dalam
tindakan terhadap segala sesuatu yang telah melawan Dia dan melawan
kehendak-Nya yang kudus, dan melawan kasih-Nya yang kekal dan bernyala-nyala.
Kitab itu dibagikan sebagai berikut : hari murka yang mendatang untuk Yehuda,
hari murka untuk segala bangsa, hari murka untuk Yerusalem dan hari bahasa yang
murni.
Ø Habakuk, nabi yang bingung
Nubuatannya
kira-kira antara enam25 dan enam00 SM menjelang penahanan Yehuda ke Babel.
Namanya berarti “pelukan”, didalam segala kebingungannya ia dipeluk dalam kasih
Yehova yang lembut itu dan berpaut kepada Allah. Di dalam doa ia mencurahkan
segala kesulitannya kepada Allah dan menantikan keterangan Ilahi 2:1.
Mula-mula
sukar baginya umtuk menyesuaikan
kepercayaannya dengan fakta-fakta yang hidup, ia heran melihat kemakmuran orang
jahat tetapi ia tahu kemana ia harus membawa kebingungannya. Ia pergi kepada
Tuhan yang dengan segera melenyapkan keragu-raguannya. Tuhan memberi sesuatu
pemecahan akan masalahnya yang terangkum dalam pernyataan yang menjadi intisari
kitab ini” orang benar akan hidup oleh percayanya” 2:4.
Ø Hagai, nabi kemuliaan
Hagai
ialah yang pertama diantara nabi-nabi yang dipakai untuk menyampaikan firman
Allah sesudah bangsa Israel kembali dari pembuangan. Hagai, Zakaharia dan
Maleakhi adalah ketiga nabi sesudah pembuangan. Hagai dalam bahasa Yunani
“girang” sebab katanya” ia menabur dengan airmata supaya ia boleh menuai dalam
kesukaan”. Ia sangat mengasihi bait suci dan mengerti sedikit tentang kerugian
yang diderita bangsa itu tanpa bait suci. Ia seorang yang berpegang kepada satu
pikiran Allah telah memenuhi hatinya dengan sangat berkobar-kobar. Orang merasa
terdorong menuruti perintahnya. Dengan sesuatu cara yang tidak kelihatan ia
sanggup menanamkan keberanian yang saleh dalam hati bangsa dan memberi semangat
kepada usaha yang penting itu, inti kitab ini adalah menggerakkan rakyat itu
untuk pekerjaan membangun bait suci kembali.
Ø Zakharia, nabi zaman yang akan
datang
Arti
nama Zakharia ialah “ Tuhan ingat”, Zakharia adalah dari keluarga Harun dan
menuaikan jabatannya sebagai imam pada masa Yoyakhim anak Yosua itu. Maksud
utama itu Zakaharia sebagai nabi ialah memberikan hiburan dan dorongan bagi
umat Allah yang masih dalam keadaan lemah dan menderita nabi itu menerangkan
bahwa pertobatan dan penghidupan yang kudus adalah syarat mutlak untuk
memperoleh berkat-berkat itu kitab ini dibagi dalam tiga bagian :
a. Penglihatan
malam tentang pemulihan 1-enam, ialah membesarkan hati dan mendorong para
pembangun bait Allah dalam tugas mereka, didalamnya terdapat
peringatan-peringatan agar jangan itu menyimpang kembali kepada sosok nenek
moyang mereka, dan juga janji-janji berkat yang menjadi dorongan yang akan
dimiliki akan hati mereka berbalik kepada Tuhan.
b. Berita
teguran dan hiburan 7-delapan, membicarakan puasa yang benar, yang disebabkan oleh
penduduk Betel telah mengutus Sarezer dan Regen Melekh untuk mencari
keterangan. Didalam bagian ini juga digambarkan pemulihan Yerusalem diwaktu kemudian
atas dasar kemablinya mereka kepada kebenaran praktis.
c. Penyingkapan
nasib akhir Sembilan-14, member gambaran pendahuluan tentang masa akhir kuasa
dunia dan penegakan kerajaan Allah. Gembala yang ditetapkan Allah akan ditolak
dan Israel harus menderita kesengsaraan yang berat tetapi hari-hari yang
semarak akan datang bila Israel dipulihkan kepada keunggulan rohani diantara
bangs-bangsa dunia.
Ø Maleakhi, suara yang terakhir dalam
PL
Nama
maleakhi mungkin singkatan malakhy “ pesuruh Yehova”. Suatu cirri khas yang
menulis Maleakhi ialah pemakaian soal jawab. Percakapan diadakan diantara
Yehova dan rakyat atau iama-imam itu. Kitab ini dimulai dengan pertanyaan
langsung oleh Tuhan melalui nabi kepada Israel “aku mengasihi kamu” namun
jawaban Israel adalah suatu penghinaan kepada Allah “ dengan cara bagaimanakah
Engkau mengasihi kami”? ini menyatakan sikap rakyat yang menentang nabi itu
dengan tajam berbicara kepada imam yang tidak setia ini. Ia memperingatkan imam
itu akan kehormatan yang kudus dan hak istimewa menjadi orang Lewi. Mereka
telah dipanggil untuk hidup takut dengan Tuhan dan seperti leluhur mereka.
Seharusnya mempunyai sangat bagi kebenaran dan sanggup menafsirkan taurat.
Tetapi imam masanya itu tidak memiliki sifat-sifat tersebut, oleh sebab itu
Yehova menjadikan mereka hina dalam pandangan rakyat itu.
Tanggapan
: saya
sebagai pembaca dan pemberi laporan dari buku ini beruntung membaca karena
sesuai dengan apa yang sedang saya pelajari sekarang mengenai kitab para nabi.
Dalam buku ini dijelaskan secara baik dan jelas oleh penulis siapakah nabi,
tugasnya apa, pelayanannya bagaimana,apa perbedaannya dengan masyarakat
lain. Jadi saya mendapatkan banyak
pengetahuan yang dapat menolong untuk menafsir. Penulis juga mengambil pendapat orang lain, yang mungkin tidak ia
ketahui.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar